Budi Pekerti Luhur dan Ahlak Mulia



Pengertian Budi Pekerti Luhur dan Ahlak Mulia

Budi pekerti luhur adalah usaha yang dilakukan dalam rangka menanamkan nilai-nilai moral kedalam sikap dan perilaku peserta didik agar memiliki sikap dan perilaku yang luhur dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pengertian ahlak mulia adalah budi mengerti yang dicerminkan seseorang itu sendiri.

Kurangnya pengarahan tentang ahlak mulia menjadi factor utama penyabab generasi muda tidak menerapkan ahlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Memang sulit menyadari bahwa kita tidak menerapkan ahlak mulia . namun, orang yang ada di sekeliling kita merasakan bahwa kita tidak bersikap baik pada mereka karena. dengan perilaku tersebut setiap orang akan menghindari dirimu dan kemungkinan memiliki perasaan dendam padamu.

Budi pekerti luhur dan Ahlak mulia untuk berpikir positif

Ilmu pengetahuan yang di imbangi dengan ahlak mulia dan budi pekerti luhur akan membuat seseorang berfikir untuk tidak melakukan hal yang tidak bermanfaat dan lebih memilih untuk melakukan hal yang positif. Dalam pendidikan budi pekerti luhur, nilai-nilai yang ingin di bentuk adalah nilai-nilai ahlak yang mulia, yaitu tertanamnya nilai-nilai ahlak yang mulia ke dalam diri peserta didik yang kemudian terwujud dalam tingkah lakunya.
Hambatan dalam penerapan budi pekerti luhur.

Agar penerapan budi pekerti luhur di sekolah berjalan, pihak sekolah perlu membangun kominikasi dan kerjasama dengan para orang tua siswa untuk mengetahui acara yang akan diadakan sekolah tentang budi pekerti luhur yang telah di ajarkan.

Terimakasih ya semua, karena telah membaca artikel dari Blog OSIS SMKN 1 Purwodadi ini.
semoga artikel yang kami berikan ini dapat memberikan kalian manfaat.

Keluhuran budipekerti seseorang akan terlihat pada ucapan dan tindakan orang itu sendiri.


EmoticonEmoticon