Meningkatkan Prestasi Belajar

10 Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah


1. Jadilah seorang pemimpin.

Latihlah rasa tanggung jawabmu. Bila gurumu menyuruhmu untuk membersihkan kelas Why Not ? terima aja toh itu baik untuk lingkungan kita. Jangan ragu untuk menerimanya, apalagi itu akan berbuah baik untukmu sendiri. 

2. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik.

Jawabanlah setiap pertanyaan yang diajukan oleh gurumu. Selama kamu bisa menjawabnya jawablah dengan baik dan benar. 

3. Jangan malu untuk bertanya

"Malu bertanya sesat Di ZebraCross Jalan" Pepatah itu sepertinya cukup untuk menjelaskan point ini. Selalu ajukan pertanyaan yang kamu tak sanggup untuk menjawabnya.

4. Kerjakan selalu PRmu

Jangan menunggu alasan untuk tidak mengerjakannya. Selalu berusaha lakukan sendiri walaupun sebenarnya lebih enak bekerja berkelompok. Lakukan tugasmu ini dengan berkelompok, ini sekaligus melatih kamu pada point pertama.

5. Setiap pulang sekolah, selalu mengulang pelajaran yang tadi di ajarkan

Setidaknya satu atau dua pelajaran. Memang setiap pulang sekolah biasanya kita males untuk mengerjakan point yang satu ini. Tapi, usahakan untuk mengulang pelajaran yang tadi di ajarkan oleh gurumu. Setidaknya ini berguna pada saat ulangan nanti pelajaran yang nanti di ajarkan mungkin saja muncul pada saat ulangan.

6. Cukup istirahat.

7. Banyak berlatih pada pelajaran yang kurang di sukai.

Memang hal ini sering kita keluhkan. Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contohnya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompok dengan teman. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika, kalian malahan menyukainya.

8. Ikutilah kegiatan eskul yang kita sukai.

Cari tahu apa yang kamu sukai dan kamu cocok untuk kamu tekuni.

9. Cari seorang pembingbing yang baik dan menyenakan serta memotivasi.

Orang tua adalah pembingbing yang baik selain guru. Apabila kamu tidak mengerti pelajaran yang di ajarkan gurumu di sekolah kamu bisa meminta petunjuk kepada orang tuamu. Selain itu, kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi. Cari teman yang baik jangan yang munafik !

10. Jangan suka mencontek.

Perubahan tidak dimulai oleh siapapun, tetapi perubahan dimulai oleh diri sendiri. 

Semangat belajar

Previous
Next Post »