ETIKA DAN MORAL MEMBENTUK KARAKTER DAN KEPRIBADIAN

Assalamualaikum wr.wb

Hallo sahabat, Yuk mulai budayakan membaca!

Kalian tau tidak pentingnya pendidikan etika dan moral? Ternyata 2 hal tersebut dapat mempengaruhi karakter dan kepribadian dalam diri seseorang loh. Untuk lebih lanjutnya, yuk chek di blogspot OSIS SMKN 1 PURWODADI, kami akan menyajikan pembahasannya. Stay tune ya guys!

Menurut kalian apa sih yang dimaksud dengan Etika? 

Etika berasal dari bahasa Yunani “Ethos” yang berarti watak atau kebiasaan. Dalam bahasa Perancis disebut “Etiquette” (Etiket) yang berarti kebiasaan atau cara bergaul, berperilaku yang baik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, etika adalah Ilmu tentang apa yang baik dan yang buruk, tentang hak dan kewajiban moral. Etika merupakan pola perilaku atau seseorang.

Ada yang tau tidak mengapa etika dan moral dapat mempengaruhi pembentukan karakter dan kepribadian diri seseorang?

Karena, karakter berkaitan erat dengan personality seseorang, sama dengan halnya kepribadian seseorang. Seseorang yang mempunyai etika dan moral yang baik akan menjadikan kepribadian hidup seseorang lebih baik dan terarah. Contohnya, menumbuhkan sikap saling tolong menolong, saling menghormati, saling tenggang rasa dan akhlak mulia yang dapat membentuk kepribadian individu menjadi bernilai dan dihormati oleh masyarakat serta lingkungannya.

Okey, sekarang mari simak pembahasan selanjutnya mengenai contoh perilaku etika dan moral yang dapat membentuk pendidikan karakter :

  1. Kepedulian dan Empati yang menunjukkan rasa kemanusiaan terhadap orang lain.
  2. Kerja Sama dengan oranglain untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
  3. Berani dalam menghadapi setiap keadaan dan situasi tertentu.
  4. Teguh dan Komitmen dalam mempertahankan sebuah keputusan dengan sebuah keyakinan.
  5. Berbicara jujur serta memperlakukan orang lain secara adil.
  6. Sabar dalam menghadapi setiap keadaan.
  7. Menunjukkan sikap hormat dan saling menghargai satu sama lain, serta dapat bertanggung jawab dalam segala perbuatan.
  8. Menumbuhkan sikap toleransi antar sesama, tanpa memandang suku, ras, agama maupun budaya.
  9. Loyalitas merupakan sebuah komitmen dengan orang lain dalam setiap keadaan.
  10. Disiplin diri dan mandiri yaitu membiasakan diri untuk taat pada peraturan serta kebebasan untuk melakukan apa saja yang dibutuhkan diri sendiri.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai etika dan moral yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter dan kerpibadian seseorang dalam kehidupan sehari-hari ya. Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian semua ya. Nantikan berita terbaru lainnya yang pastinya menarik dan bermanfaat untuk dibaca. Hanya di Blogspot OSIS SMKN 1 PURWODADI. 

Salam Karya Remaja 

Wujudkan Nilai Karyamu Untuk Menciptakan Semangat Baru. 

Wassalamuailaikum wr.wb


EmoticonEmoticon