Kecanduan Gadget! 3 Cara Menghilangkanya

Di zaman sekarang gadget atau gawai adalah hal yang tidak bisa terpisahkan, malahan seperti organ tubuh kita sendiri. Jika nggak ada gadget serasa nggak lengkap gitu.

Tapi tahukah kalian, kalau kecanduan gadget dapat menurunka daya kerja otak kita, bisa-bisa nanti kita nggak ada bedanya dengan manusia purba.

Disini OSIS SMKN 1 Purwodadi akan membagikan artikel mengenai bagaimana caranya agar kita tidak jadi manusia purba, Ehh... Maksudnya agar kita terhindar dari kecanduan gadget.

1."Berapa banyak waktu kita yang terbuang?"

Cobalah renungkan berapa banyak waktu kalian yang terbuang sia-sia dihadapan smartphone kalian.

Kita perlu mengaitkan kebiadaan lama itu dengan kepedihan
Misalnya gini, kita punya obat dan rasanya pahit pasti kita akan malas untuk meminumnya. Berbeda kalau kita meminumnya dengan harapan agar kita cepat sembuh, pastinya obat apapun akan kita lahab. Seperti itu juga kita harus mengingat kepedihan ketika bermain gadget.

2.Ganti tampilan smartphone dengan grayscale (hitam-putih)

Menurut penelitian dengan adanya tampilan warna pada layar smartphone kita lebih merangsan otak kita untuk terpaku pada layar gadget. Lagi pula dengan kelamaan di depan layah gadget membuat mata kita pedih bukan?. Dengan mengganti layar gadget menjadi hitam-putih membuat kita selangkah menjauhi kecanduan gadget.

3.Jauhi tombol Shutdown.

Yang dimaksud disini tombol shutdown yang ada di pojok keyboard laptop atau yang ada di gadget kalian. Yang dimaksud disini adalah sesuatu yang membuat kita selalu memegang gadget, misal kita sudah niat untuk tidak megang gadget tapi gara-gara ada notifikasi membuat kita kalah dan malah membuang waktu kita lagi untuk bermain HP. Itu lah yang dimadsud tombol shutdown, sesuatu yang membuat kita tidak bisa lepas dari hp kita, dan untuk menjauhinya kita dapat menggunakan mode airplane+mute, kalau perlu hapus aplikasinya sekalian.

Itulah cara ampuh agar kita terhindar dari kecanduan gadget. Semoga bermanfaat dan dukung terus OSIS SMKN 1 Purwodadi agar dapat terus berkarya. Oh..ya jika kalian ada pertanyaan atau suatu hal yang ingin kalian bahas jangan lupa tinggalin di kolom komentar ya. Agar dapat kita bahas di update selanjutnya.

Salam Karya!!!


EmoticonEmoticon