Bahasa? Tahu Apa Arti Bahasa?

Assalamualaikum Wr. Wb

Artikel ini akan membahas hal- hal yang berkaitan dengan Bahasa. 

Bahasa adalah,suatu alat untuk menyatakan suatu gagasan yang ada dalam sebuah pandangan manusia, sebagai alat untuk berkomunikasi antar individu. 

Definisi lain dari bahasa adalah sebagai sebuah sistem komunikasi yang membuat manusia dapat bekerja sama. Definisi ini menekankan fungsi sosial bahasa serta fakta bahwa manusia menggunakannya untuk mengekspresikan dirinya sendiri dan untuk memanipulasi obyek dalam lingkungannya. Teori tata bahasa fungsional menjelaskan struktur tata bahasa lewat fungsi komunikatifnya dan memahami struktur tata bahasa sebagai hasil dari suatu proses adaptif. Dalam proses adaptif ini, tata bahasa "disesuaikan" untuk melayani kebutuhan. 

Pandangan terhadap bahasa ini berhubungan dengan kajian bahasa dalam kerangka pragmatis, kognitif, dan kerangka interaktif, serta dalam sosial-linguistik dan linguistik antropologi. Teori-teori fungsionalis cenderung mempelajari tata bahasa sebagai sebuah fenomena dinamis, sebagai suatu struktur yang selalu dalam proses perubahan saat digunakan oleh para penuturnya. 

Pandangan ini menyebabkan kajian linguistik tipologi menjadi penting. Kajian tipologi adalah klasifikasi bahasa-bahasa menurut fitur strukturalnya. Kepentingan ini muncul karena kajian tersebut dapat memperlihatkan bahwa proses-proses gramatikalisasi condong mengikuti lintasan yang sebagian bergantung pada tipologi. Dalam filsafat bahasa pandangan ini sering dikaitkan dengan karya terakhir Wittgenstein dan dengan filsuf bahasa umum seperti G. E. Moore, Paul Grice, John Searle dan J. L. AustinAustin

Membahas tentang "bahasa" tentu saja sangat berkaitan erat dengan Indonesia yang pada hakikatnya memiliki banyak sekali bahasa daerah. Perlu diketahui, posisi pertama negara dengan bahasa terbanyak di dunia kini ditempati oleh Papua Nugini dengan jumlah bahasa mencapai 867 bahasa, sedangkan Indonesia menempati posisi kedua dengan jumlah bahasa sebanyak 742 bahasa. Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah dan di eratkan oleh satu bahasa nasional yaitu Bahasa Indonesia. Mengingat ada sebuah kalimat mengatakan bahwa " Bahasa adalah Jiwa Bangsa .  

Maka dari itu, sebagai generasi penerus bangsa sangatlah perlu untuk kita dapat menguasai bahasa Indonesia, menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam keseharian kita, karena tata bahasa yang kita ucapkan dapat mencerminkan kepribadian kita. 

Fasih berbahasa Indonesia adalah tanggung jawab yang perlu dipegang dalam setiap generasi bangsa Indonesia. Melestarikan salah satu budaya yaitu Bahasa sangatlah perlu agar para generasi bangsa perlu di upayakan dengan optimal karena bukan tidak mungkin kalau bahasa bisa tergerus oleh kemajuan zaman jika tidak di lestarikan. 

Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari komunikasi antar individu maka gunakanlah bahasa yang baik dan benar agar cepat di pahami oleh orang lain. 

Tetapi di era globalisasi ini semua generasi muda diharapkan juga untuk bisa mengenali bahasa asing.  Karena kita tahu semakin canggih nya teknologi pada saat ini perlu juga untuk belajar bahasa asing supaya kita dapat untuk memahami bahasa asing guna memperluas wawasan kita dalam bahasa,  tetapi tidak hanya itu bahasa asing juga sering digunakan dalam berbagai hal, dan tertera dalam banyak sekali barang, alat dan hal lainnya. Oleh karena itu kita juga perlu untuk belajar bahasa asing. 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Penyusun : Seksi bidang Komunikasi dan Berbahasa, OSIS SMK Negeri 1 Purwodadi


EmoticonEmoticon